Jumat, 03 Maret 2017

SEJARAH SINGKAT STORYBOARD



SEJARAH STORYBOARD
Kali ini saya mau membahas tentang sejarah storyboard, nah ini berguna banget  bagi yang belum tau tentang sejarah dan asal mula storyboard.pembahasan kali ini cocok untuk pemula yang baru saja mengerti tentang istilah storyboard. Jadi pertama kali ide dari storyboarding di kembangkan di Walt Disney Studio pada tahun 1930-an. Disney meminta kepada Webb Smith secara kredit untuk menggambarkan semua scane di kertas yang terpisah-pisah dan menempelkan di papan buletin untuk menggabungkan gambar tersebut sehingga menjadi sebuah cerita di dalam sequence, disitulah storyboard pertama muncul.

Untuk selengkapnya storyboard diciptakan pada tahun 1933, pada film pendek yang berjudul Three Little Pigs (The Story of Walt Disney, Henry Holt, 1956. Menurut John Canemaker dalam buku Paper Dreams: The Art and Artists of Disney Storyboards (1999, Hyperion Press), storyboard pertama Disney merupakan evolusi dari sketsa yang berbentuk seperti komik (per panel) yang diciptakan pada tahun 1920-an untuk mengilustrasikan konsep dari film animasi pendek Plane Crazy dan Steamboat Willie. Selanjutnya Studio Waltherlantz production pada awal tahun 1935 menjadi studio kedua yang mulai mengembangkan sketsa ceriat menjadi storyboard .Pada tahun 1936 Halman –Ising dan Leon SCHLESINGER juga menerapkan konsep storyboard.Akhirnya ,sejak tahun 1937-1938 hampir semua studio menggunakan storyboard sebagai pengganti sketsa cerita.
Contoh Storyboard1.jpg
Itu lah sekilas sejarah dari storyboard, semoga pembahasan kali ini bermanfaat untuk para pembaca :D baca juga artikel lainnya menggenai storyboard.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar