Jumat, 03 Maret 2017

KELEMAHAN DAN KELEBIHAN STORYBOARD



KELEMAHAN DAN KELEBIHAN STORYBOARD

Sebelum kita membahas kelebihan dan kelemahan Storyboard saya akan menjelaskan sedikit Pengertian Storyboard.

Storyboard adalah sketsa gambar yang nantinya akan di susun secara berurutan dengan naskah yang kita inginkan. Dengan storyboard kita bisa menyampaikan ide cerita yang kita miliki kepada orang lain dengan lebih mudah, karena dapat menghasilkan presepsi yang sama dengan ide cerita kita.

Sedangkan Storyline adalah sebuah naskah cerita berbentuk teks. Rancangan naskah ini penting dan merupakan spesifikasi teks dan narasi dalam sebuah aplikasi multimedia, sebaiknya dalam membuat dialog harus secara rinci dan urut agar kita tidak bingung  ketika membuat storyboard.
Nah sekarang kita sudah tau kan pengertian tentang storyboard dan pengertian storyline. Sekarang saya mau ngasih nih kelebihan dan kekurangan dari storyboard.
Kelebihan Storyboard
Menggambarkan sketsa cerita sebuah film/animasi berdasarkan garis besar seperti awal tengah akhir.
Memudahkan saat membuat film.
Merupakan perencanaan dalam membuat film (kalau dalam bangunan bisa disebut desain bangunan)

KELEMAHAN STORYBOARD
Kelemahan  storyboard adalah ketidak dapatannya untuk menunjukkan gerakan – gerakan kamera, beserta efek optikal, seperti pemudaran (Blur, disolving). Namun demikian setiap permasalahan pasti ada jalan keluarnya. Solusinya yang paling mudah yaitu dengan menggunakn tulisan dan gambaran skematis untuk mendeskripsikan apa yang tidak dapat digambarkan. Selain itu juga ada beberapa teknik yang digunakan oleh ilustrator untuk menunjukkan gerakan kamera dan ruang yang lebih lebar. Selain itu,yang perlu juga diperhatikan adalah batas pinggir dari sebuah storyboard (bingkai\frame). Tujuannya adalah untuk menunjukkan sudut pandang yang dipilih dari keseluruhan ruang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar